I N D O F E S T
06 Mar 2020 - 08:11 AM

Terbesar di Asia Tenggara, Gelaran Indofest 2020 Siap Manjakan Para Petualang

Image_not_found Dokumentasi Indofest 2019

Tidak terbantahkan kalau Indonesia itu adalah surganya para petualang. Mulai dari kedalaman laut hingga puncak gunung bersalju, pantai berpasir putih, sungai, goa, hutan, udara, danau dan tebing. Itu semua ada di Indonesia. Tempat para petualang dapat menyalurkan hasrat berpetualang sekaligus memacu adrenalin. Belum lagi keanekaragaman hayatinya, baik flora maupun faunanya. Juga beragam jenis seni dan budaya. Satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dengan petualangan itu sendiri.

Melihat hal tersebut, tidak heran, jika dalam pameran petualangan terbesar di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara: Indonesia Outdoor Festival (Indofest) akan kembali digelar pada 12-15 Maret 2020 di Hall A-B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima. Mengusung tema ‘Indonesia The Greatest Outdoor’, Indofest 2020, ingin kembali menegaskan, Indonesia memang merupakan negara yang mempunyai tempat-tempat terbaik untuk melakukan kegiatan berbagai kegiatan luar ruang atau outdoor actvity.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Indofest 2020, untuk pertama kalinya Indofishing yang merupakan ajang berkumpulnya para angler dan para penggiat industri memancing di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia, juga digelar.

Image_not_found Suasana Press Confrence Indofest 2020. Foto: Harley Sastha

Indofest, setiap tahunnya berkomitmen untuk menghadirkan isu-isu terbaru tentang dunia petualangan kepada masyarakat. Hal-hal tersebut disampaikan melalui talkshow dan sharing session yang langsung dibawakan oleh para pakar-pakar dari dunia petualangan, pegiat dan aktivis alam, lingkungan, influencer dan komunitas.

Selama 4 hari penyelenggaraan, para petualang akan dimanjakan untuk mencari dan berbelanja berbagai kebutuhan perlengkapan dan peralatan untuk berpetualangnya. Brand internasional maupun lokal. Termasuk informasi mengenai destinasi petualangan. Karena, penyelenggara perjalanan, hotel, resort, tujuan petualangan, penyelenggara trekking, pemberdayaan masyarakat dan cinderamata lokal, turut ambil bagian dalam event yang dikenal sebagai lebarannya para petualang dan pecinta kegiatan luar ruang.

Image_not_found Eva Fitri Yani, Disyon Tobing, dan Agung Sakiro dalam acara press conference INDOFEST 2020. Foto: Harley Sastha

Dalam acara press confrence INDOFEST 2020 di Eiger Store Radio Dalam, Jakarta, pada Kamis (5/3/2020), Disyon Toba, Chief Executive Officer (CEO) COS Event, mengatakan, kegiatan petualangan di Indonesia, telah berkembang pesat menjadi industri pariwisata yang bernilai tinggi. Kegiatan-kegiatan seperti pendakian gunung, menyelam, penelusuran gua dan berbagai petualangan lainnya, telah menarik para wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

"Berada di garis khatulistiwa, Indonesia merupakan surga untuk kegiatan alam dan petualangan yang menawarkan hutan tropis, pantai berpasir putih, taman nasional, gunung berapi, danau, padang savana, sungai dan gua. Menjadikan Indonesia, surga untuk petualangan di dunia. Karenanya tahun ini, kami mengambil tema Indonesia The Greatest Outdoor," kata Disyon.

Hal tersebut diamini oleh Eva Fitri Yeni, Ketua Pelaksana Indofest. Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan destinasi petualangan berkelas internasional yang menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Image_not_found Pengunjung sedang melihat-lihat dan mencari perlengkapan outdoor activities. di Indofest 2019.

"Dengan tema tersebut, kami ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah surga destinasi petualangan dunia," kata wanita berhijab yang akrab dipanggil Ivy.

Menurut Eva, Sejak pertama kali digelar pada tahun 2015, antusias dan animo pengunjung Indofest terus meningkat setiap tahunnya. Terakhir, pada tahun 2019, tidak kurang total 68.000 pengunjung hadir selama 4 hari acara berlangsung. Mereka yang hadir mulai dari petualang, aktivis pencinta alam, backpacker, penyedia peralatan dan layanan untuk kegiatan petualangan hingga lembaga pemerintahan.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung, INDOFEST 2020, menggunakan JCC Senayan, dua area sekaligus: Hall A-B. Itu artinya luasnya dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sekitar 7.500 meter persegi.

Image_not_found Pengunjung sedang melihat-lihat dan mencari perlengkapan outdoor activities. di Indofest 2019.

"Tahun ini, kami menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 100.000 orang, dengan total transaksi Rp. 75 milyar selama penyelenggaraan. Dengan beragam suguhan brand serta acara yang menarik, ditambah yang terbaru Indofishing 2020, kami optimis target dapat tercapai," kata Eva.

Untuk memberi pengunjung pengetahuan dalam dunia kegiatan luar ruang, diselenggarakan juga pelatihan seputar dunia petualangan bersama para pakar dalam Indofest Academy. Kamu yang hadir nantinya dapat mengikuti pelatihan singkat First Aid for Outdoor Activities dan Bushcraft Eduacation. Tujuannya memberikan edukasi bagi para penggiat alam terbuka agar dapat berpetualang dengan aman dan nyaman.

Pelatihan-pelatihan seperti Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), penanganan luka dan patah tulang, hipotermia dan penyakit ketinggian, gigitan ulat berbisa serta binatang berbisa lainnya, dapat kamu ikuti selama penyelenggaraan acara berlangsung.

Image_not_found Salah satu sesi talkshiow di Indofest 2019.

Pada Bushcraft Eduacation yang juga dapat kamu ikuti, tidak kalah menariknya. Ada pelatihan seputar perlengkapan bushcrafting, pembuatan api, sheltering, crafting, dan foraging.

Ingin mengenal kawasan konservasi seperti taman nasional dan mengetahui lebih jauh kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan didalamnya serta aturan-aturannya, kam dapat mendatangi booth Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang akan diwakili oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE). Semua yang berkaitan kegiatan luar ruang di taman nasional dan taman wisata alam, akan kamu dapatkan disini.

Selain Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Balai Taman Nasional Tambora dan Balai Taman Nasional Gunung Leuser, otoritas wisata lain yang turut hadir ada Sarawak Tourism Board dan Dinas Pariwisata Pekalongan Jawa Tengah.

Beragam komunitas dan asosiasi petualangan juga turut serta meramaikan keseruan Indofest 2020. Diantaranya: Komunitas Kemah Keluarga Indonesia, Federasi Mountaineering Indonesia, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia, Federasi Panjat Tebing Indonesia, Indonesia Adventure Travel Tourism Association, Hammocker Indonesia dan lainnya.

Image_not_found Suasana saat salah satu musisi tampil pada Indofest 2019.

Tidak hanya itu, kamu juga akan semakin dimanjakan dengan suguhan apik musik dalam program 'Intimate Music Performe' yang menampilkan musisi-musisi ternama, seperti Efek Rumah Kaca, Fourtwenty, Thasoora dan Club Dangdut Ceria.

Sebagai komitmen turut serta meminimalisir sampah, khususnya plastik, menurut Disyon, sejak penyelenggaraan tahun lalu, sepanjang penyelenggaraan acara, ada tim yang selalu mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membawa tumbler atau tempat minum sendiri. Juga sekecil mungkin barang belanjaan tidak dibawa dalam kantong-kantong kresek.

Terkait adanya kekhawatiran tentang penyebaran virus Corona, INDOFEST berkomitmen untuk melakukan tindakan preventif selama penyelenggaraan acara. Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas.

Berkoordinasi dengan Balai Sidang JCC Senayan untuk menyiapkan langkah preventif selama pameran seperti sosialisasi tentang gejala, tanda dan pencegahan virus corona; pemasangan /penyediaan hand sanitizer di area function room/public area; penyemprotan disinfektan di ruangan pameran; menyediakan tim medis untuk antisipasi gejala virus corona; dan menurunkan tim Infrared Thermal Gun di pintu masuk gedung.

"Tim INDOFEST selalu berkoordinasi dengan sumber-sumber terpercaya terkait virus Corona seperti Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan manajemen Jakarta Convention Center. Pengunjung diimbau tak perlu khawatir secara berlebihan. Jadi, acara akan tetap berlangsung sesuai jadwal," kata Eva.

Sebagai informasi, Indofest 2020 akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB, setiap harinya. Setiap pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp. 40.000,- yang dapat dibeli pre sale dan on the spot. Untuk link pembelian tiket, langsung saja klik website www.indo-fest.com atau tokopedia.com.

"Mari berpetualang dengan aman dan nyaman serta tetap menjaga kelestarian alam Indonesia. Temukan beragam brand-brand perlengkapan outdoor serta keseruan-keseruan bersama komunitas serta talkshow-talkshow edukatif dan inspiratif di Indofest 2020," tutup Disyon.

Sumber berita: https://kumparan.com/
Harley B Sastha